Thursday, September 29, 2016

Belajar HTML dan CSS


Salah satu kelebihan wordpress.org dibanding wordpress.com adalah saya bisa mengedit HTML dan CSS theme yang digunakan. Dengan demikian, saya bisa memodifikasi theme blog saya sehingga terkesan unik (beda dengan blog lain).
Menurut definisinya, HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa dasar internet yang digunakan untuk menggambarkan struktur teks dan media lain dalam suatu situs atau blog. Adapun CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa Internet yang digunakan untuk menggambrkan jenis dan format halaman situs atau blog.
Sayangnya, karena tidak memiliki dasar informatika, saya awalnya pusing dan tidak mengerti dengan CSS dan HTML. Namun, dengan proses belajar yang kontinu, saya sedikit demi sedikit mengerti kedua bahasa Internet tersebut.
Proses belajar ini dimulai dari Abi Umar pemilik Blogger Pemula. Blogger Sorowako yang notabene adalah rekan kerja saya ini banyak mengajari saya mengenai CSS dan HTML. Saya masih ingat bagaimana ia memandu saya untuk memodifikasi theme Prosense dari tiga kolom menjadi dua kolom.
Selain itu, ia juga memberikan wawasan bagaimana caranya menambah sidebar bawah, menyisipkan logo, memodifikasi header, dan sebagainya. Semuanya itu membantu saya sehingga saya sering menelpon atau ngeblog bersama untuk menyelesaikan masalah CSS dan HTML yang saya hadapi.
Tak ingin bergantung kepada orang lain, saya pun mencoba memahami CSS dan HTML secara otodidak. Saya mengutak-atik CSS yang ada dan melihat hasilnya. Terkadang saya juga melihat dan mengadaptasi CSS dari theme lain yang tidak ada di theme yang saya gunakan.
Aktivitas ini sungguh mengasyikkan dan bahkan sering berujung pada kesalahan. Namun, di balik kesalahan ini, saya menjadi tahu dan lama-lama mulai memahami CSS dan HTML.
Saya juga sering belajar di situs atau blog yang membahas CSS dan HTML. Di antaranya adalah:
Situs ini memiliki banyak tutorial seputar HTML dan CSS. Tutorialnya gratis, mudah dipahami, dan juga disertai studi kasusnya.
Kelebihan situs ini adalah memiliki 15 pelajaran dasar mengenai HTML dan CSS. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi mereka yang benar-benar belum mengerti sama sekali mengenai HTML dan CSS.
Saya percaya masih banyak situs atau blog yang membahas topik serupa dua situs di atas. Namun, bagi Anda yang ingin belajar HTML dan CSS, ada baiknya Anda mengunjungi kedua situs tersebut untuk melihat dan mempelajari konten yang ada.
Itulah sekelumit kisah saya belajar HTML dan CSS. Pada postingan berikutnya saya berkisah mengenai bagaimana saya mempromosikan Blogodolar dalam 3 bulan pertama sehingga sedikit demi sedikit trafik dan pelanggan RSS blog ini bertambah.
Oleh 

0 comments:

Post a Comment