Monday, November 4, 2019

Ikut CPNS ? Perhatikan Hal Tips dan Trik ini

Tips Sukses Lulus Tes CPNS

Abdi negara ternyata masih menjadi pekerjaan favorit banyak orang. Buktinya, setiap ada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), orang beramai-ramai mendaftar meski peluang lolos tes CPNS seringkali tak besar. Bayangkan saja, dari ribuan orang yang mendaftar, terkadang tak sampai lima orang yang diterima. Persaingannya sangat ketat.

Kalau kamu juga sangat ingin menjadi PNS, tentu kamu harus mempersiapkan diri dengan matang. Pastikan semua persyaratan sudah kamu penuhi dan kelengkapan administrasi sudah kamu lengkapi sejak jauh-jauh hari, karena beberapa dokumen memerlukan waktu pengerjaan yang agak lama. Setelah itu, kamu wajib berlatih mengerjakan soal tes CPNS secara rutin selama 1-2 bulan penuh sebelum tes dilaksanakan.


Tips Memilih Instansi

Meski sama-sama melakukan seleksi penerimaan melalui tes CPNS, beda instansi, beda pula komposisi soalnya. Misalnya, menurut salah satu peserta tes CPNS, tes matematika untuk Badan Koordinasi Penanaman Modal lebih rumit dibanding tes matematika untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, tes untuk beberapa instansi hanya dua tahap, tapi untuk Kementerian Luar Negeri bisa jadi empat tahap.

Karena itu, cari tahu tentang tes CPNS instansi yang kamu inginkan. Alangkah baiknya kamu memilih instansi yang sesuai dengan minatmu atau selaras dengan jurusanmu saat kuliah agar peluangmu lulus tes CPNS lebih besar. Kesempatanmu diterima sebagai PNS juga lebih besar jika kamu memilih posisi yang memiliki lowongan banyak.

Tips Belajar Latihan Soal Tes CPNS

Tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS, yakni 80 untuk TIU, 75 untuk TWK, dan 143 untuk TKP.

Kita  punya trik mengerjakan masing-masing tes:

1.      TIU
Fokuskan menjawab pertanyaan yang menurut kamu gampang terlebih dulu. Misalnya kamu lemah di kemampuan numerik berupa aljabar, kamu bisa mengerjakan soal deret dulu. Soal jenis ini bisa kamu jawab dengan mudah jika teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal. Atau, dahulukan mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial.

2.      TWK
TWK terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai sistem tata negara Indonesia. Mentang-mentang terkesan seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sarat muatan budi pekerti, jangan sepelekan tes ini dengan sekadar memilih jawaban paling bagus dan paling panjang dari daftar jawaban, ya. Kamu harus memelajari semuanya dengan maksimal untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan TWK dengan benar.

3.      TKP
Untuk soal TKP, kamu baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, kamu juga harus jujur dalam menjawab soal, karena jawaban kamu bisa mencerminkan siapa dirimu. TKP juga bisa dipelajari lewat buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip.

4.      TKB
Untuk posisi di kementerian, jika kamu lulus TKD, kamu akan lanjut ke tahap TKB. Inilah pentingnya memilih posisi yang sesuai dengan minat atau sesuai jurusan kuliah. Sebab, soal-soal yang keluar akan berkaitan dengan posisi yang kamu ambil.

Misalnya kamu memilih jabatan Analis Kebijakan Pertama, materi yang ditanyakan adalah seputar kebijakan publik. Kalau kamu sudah belajar tentang ini sejak kuliah, kesempatanmu untuk lulus tes CPNS akan lebih besar karena kamu lebih mudah memahaminya.

Latihan soal tes CPNS dapat kamu lakukan dengan membeli buku soal yang dilengkapi software simulasi Computer Assisted Test (CAT) atau lewat aplikasi CAT CPNS yang tersedia di Play Store. Kamu juga bisa mencoba simulasi tes CPNS online secara gratis, lho!

Menjelang Tes

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Pakai kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika memakai kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Bawa KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan.

Jangan lupa survei lokasi tes terlebih dulu agar kamu tidak tersasar dan tahu harus naik kendaraan apa ke sana. Sehari sebelum tes, kamu tidak perlu begadang dan belajar serius lagi, ya, supaya besok kamu bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman.

Di hari H, jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan kamu datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan. Jangan sampai telat, karena akan membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa. Semoga kamu lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang kamu inginkan,

Tips Jitu Agar Lulus Ujian CPNS

Berdasarkan pengamatan saya, banyak sekali orang yang mengikuti ujian CPNS hanya atas dasar coba-coba sehingga melakukan persiapan apa adanya.

Perlu saya tekankan lagi bahwa saat ini, menjadi PNS bukanlah hal yang mudah. Berikut saya berikan beberapa tips yang bisa anda aplikasikan untuk menghadapi ujian Penerimaan Calon Pegawan Negeri Sipil (CPNS)

1. Berdoa kepada Allah

Minta kepada Allah agar diberikan hasil yang terbaik pada ujian CPNS. Semua keringat dan kerja keras kita tak akan berarti bila tidak ada Ridha dari Allah. Mintalah pertolongan kepada-Nya agar bisa menghadapi ujian dengan lancar tanpa kendala.

2. Kerjakan ujian dengan jujur

Jangan berharap anda bisa mengerjakan ujian dengan mengandalkan bahan contekan apalagi joki. Lupakan dan buang pikiran tersebut jauh-jauh. Jangankan untuk berbuat curang, untuk izin ke WC saja anda akan berpikir dua kali.

Ruangan ujian sudah dilengkapi dengan CCTV sehingga pengawas ujian bisa mengawasi ujian meski tidak di tempat. Ditambah lagi, soal ujian yang banyak dan rumit akan membuat anda berkutat penuh di depan komputer hingga selesai.

3. Kenali tahapan-tahapan ujian

Dalam prosesnya, ada beberapa tahapan ujian CPNS yang harus diselesaikan. Tiap instansi memiliki model ujian yang berbeda tergantung kebutuhan.

Secara umum, ada 2 seleksi yang harus dilalui yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD). SKB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara.

Model dan materi ujiannya bisa berbeda-beda menyesuaikan formasi kebutuhan CPNS. Sedangkan TKD merupakan seleksi wajib yang harus dilalui dengan kriteria kelulusan yang sama untuk setiap pelamar.

Saat ini, TKD sudah dilaksanakan menggunakan sistem CAT seperti yang saya ceritakan di atas. CAT memiliki 3 tipe soal dengan bobot nilai yang berbeda.

Berdasarkan Perarturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 20/2017, ada tiga jenis kelompok materi soal TKD. Ketiga materi tersebut terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


TWK berisi materi tentang nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia. Soal-soalnya, biasanya seputar Pancasila, Undang-Undang, empat pilar kebangsaan, hingga sejarah Bangsa Indonesia.

Karenanya, perbanyaklah membaca UUD 1945 dan juga buku sejarah Indonesia. Biasanya, soalnya bersumber dari materi tersebut atau hal-hal relevan yang dikaitkan dengan undang-undang.

TIU berisi materi untuk menilai kemampuan verbal, lisan, dan numerik dari peserta. Biasanya, ujiannya seputar deret hitung, sinonim, akronim, logika matematika dan sejenisnya.

Ujian pada materi ini akan cukup berat bagi sebagian orang mengingat tidak semua orang menyukai matematika.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisikan materi-materi yang menguji integritas diri, semangat kerja, kreativitas, kerjasama, profesionalitas dll.

Pada ujian ini, jawaban terlihat sangat subjektif karena bisa dikatakan hampir seluruh jawaban benar. Karenanya, hati-hatilah dalam menjawab pada bagian ini.

Dengan mengenal ketiga jenis ujian di atas, tentu kita bisa mempersiapkan diri lebih matang. Tidak ada yang tahu pasti gambaran soal yang akan keluar dari ketiga jenis materi tersebut. Semua dipilih secara acak oleh sistem nantinya. Karenanya, perbanyaklah belajar dan membaca.

4. Belajar secara konsisten

Banyak orang yang meremehkan model ujian CPNS sehingga memasrahkan hasilnya pada Allah. Padahal, butuh kerja keras dan ketekunan agar bisa lulus mengalahkan ribuan bahkan puluhan ribu pendaftar.

Oleh karena itu, belajarlah secara konsisten setiap hari agar tidak kaget saat menghadapi ujian nanti. Tidak perlu lama-lama. Belajarlah sekitar 30 menit per hari menyelesaikan soal-soal CAT agar kita sudah terbiasa saat ujian. Hindari sistem belajar kebut semalam ya.

5. Tenang saat menghadapi ujian

Ini juga faktor yang sangat menentukan. Grogi saat menghadapi ujian adalah hal yang lumrah. Tapi, jangan sampai karena terlalu grogi membuat anda sulit berpikir dan melupakan semua hal yang telah anda pelajari.

Tenangkan diri saat akan menghadapi ujian. Mungkin, dengan berdoa dan membaca Alquran, bisa meredakan diri anda.

6. Latihan simulasi CAT

Sedapat mungkin, berlatih pula dengan simulasi CAT agar tidak gagap menghadapi ujian dengan komputer.

Saya yakin, ada orang yang sama sekali belum pernah menhadapi ujian dengan komputer sebelumnya. Karena itu, latihan dengan menggunakan simulasi CAT juga penting agar kita terbiasa saat ujian.

Saat ini, sudah banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas simulasi CAT secara online. Beberapa produk buku materi ujian CPNS juga menyediakan aplikasi untuk berlatih CAT. Manfaatkan !

7. Maksimalkan waktu ujian

Saya lupa, berapa lama waktu ujian yang diberikan. Kalau tidak salah, sekitar 2 jam. Tapi yang penting, janganlah keluar dari ruangan ujian sebelum waktu ujian berakhir.

Maksimalkan seluruh waktu yang ada untuk memeriksa jawaban anda. Siapa tahu, ada jawaban yang salah dan bisa diperbaiki. Tidak perlu gusar ikut-ikutan teman yang sudah duluan keluar. Toh, hasil ujian juga akan langsung terlihat begitu anda meng-klik tombol “selesai ujian”.

8. Jawab soal yang mudah terlebih dahulu

Dari sekian banyak soal yang dihadapi, janganlah berkutat pada 1 soal dalam waktu yang lama. Masih banyak soal-soal lain yang harus dikerjakan.

Jangan hanya karena anda penasaran dengan soal tersebut sehingga menyedot fokus dan melupakan bahwa masih banyak soal lain yang bisa jadi lebih mudah untuk dijawab.

Fokus pada soal yang mudah dijawab terlebih dahulu, yang sulit belakangan.

9. Minta doa kedua orang tua

Bersyukurlah yang orang tua-nya masih hidup dan sehat walafiat. Mintalah doa dari beliau agar Allah memberikan kemudahan terhadap ujian yang akan anda hadapi. Doa orang tua tetaplah makbul. Tembus langit, insyaAllah.

10. Jaga kesehatan

Semua persiapan di atas tidak ada artinya bila anda tidak dalam kondisi prima saat menghadapi ujian.

Tidak perlu memaksakan diri belajar hingga larut malam sehingga membuat kondisi tubuh menjadi drop. Makanlah secara teratur dan bergizi sehingga anda bisa menyelesaikan ujian CPNS dalam kondisi terbaik.

Adakah Cara Cepat Untuk Menjadi CPNS ?

ADA ! Pemerintah menyediakan beberapa pilihan selain seleksi terbuka dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil. Tentu ada juga syarat-syarat yang harus dilewati.

1. Mengikuti program-program khusus yang dibuat oleh pemerintah

Ada beberapa program yang dibuka khusus dan ditujukan untuk rekrutmen CPNS. Ada banyak nama yang pernah muncul di telinga kita seperti Pengabdian di Daerah Terluar, Guru Garis Depan, Nusantara Sehat, dll.

Ada kemungkinan orang-orang yang sudah terlibat dalam program ini akan diangkat menjadi CPNS oleh instansi pelaksana. Tentu dengan berbagai konsekuensi misalkan siap di tempatkan di daerah terluar bahkan terpencil sekalipun.

Baru-baru ini, saya membaca informasi dari web kemendikbud bahwa Guru Garis Depan tahun 2016 sudah dimulai diangkat tahun ini. Tertarik ingin mencobanya ?

2. Mengikuti Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Dengan mengikuti pendidikan di sekolah kedinasan, maka insyaAllah anda bisa menjadi CPNS melewati jalan pintas.

Saat lulus, anda tinggal menyiapkan pemberkasan dan menunggu terbitnya SK CPNS keluar. Tapi, tidaklah mudah menempuh pendidikan disini.

Anda harus siap bersaing dengan puluhan ribu orang lainnya agar bisa masuk. Lain kali, saya akan bahas lebih dalam tentang perguruan tinggi kedinasan.

3. Jalur Prestasi

Ada beberapa instansi yang menyediakan rekrutmen lewat jalur prestasi. Misalkan saja, atlit juara yang direkrut secara langsung menjadi TNI/Polri. Ataupun mahasiswa berprestasi yang diberikan jalur khusus untuk mengikuti CPNS.

Bagi anda yang memang berprestasi gemilang secara akademik atau olahraga, jalur ini bisa dicoba. Hanya saja, rekrutmen ini belum tentu dibuka setiap tahun.

Satu hal yang saya ingin tekankan, jangalah pernah terpikir untuk melakukan hal-hal tidak masuk akal yang katanya bisa membantu anda untuk menjadi CPNS.

Misalkan saja, lewat calo, titipan orang berkuasa, dll. Lupakan itu.

Sudah banyak sekali korban yang termakan oleh oknum kriminal tersebut. Lagipula, anda ingin penghasilan yang anda dapatkan menjadi berkah bukan ?

Penutup

Menghadapi ujian CPNS bukanlah hal yang mudah. Anda harus bersiap diri dengan berbagai persiapan untuk memenangkan persaingan dari ratusan ribu pendaftar.

0 comments:

Post a Comment