11+ Alternatif Google AdSense untuk Blog Anda di 2020

Google AdSense memang menjadi pilihan teratas bagi pemilik blog untuk mendapatkan uang dari blog mereka. Namun, karena berbagai alasan —seperti selalu ditolak saat pengajuan atau ingin mendapatkan penghasilan tambahan— Anda memutuskan untuk mencari alternatif Adsense.



Apapun alasannya, Anda sudah datang ke artikel yang tepat. Di sini kami akan mengulas 13 alternatif AdSense terbaik untuk Anda.

  1. AdNow 
  2. MediaNet
  3. Propeller Ads
  4. Infolinks
  5. Revcontent
  6. Adsterra
  7. PopAds
  8. Evadav
  9. RevenueHits
  10. ylliX
  11. Bidvertiser
  12. PopCash
  13. OIO Publisher

Kami akan menjelaskan alternatif Adsense di atas dengan lengkap di bawah ini. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai karena kami akan memberikan hadiah ebook di akhir artikel. Penasaran, kan? Simak sampai selesai, ya!

13 Alternatif Adsense Terbaik

Sebelum mulai, kami ingatkan bahwa urutan dari alternatif Google AdSense di bawah ini acak. Semuanya bagus, hanya tinggal sesuaikan dengan selera dan jenis blog Anda saja.

1. AdNow

AdNow merupakan penyedia iklan selain AdSense berbasis widget dengan tipe Native Ads. Tipe ini lebih efektif dan efisien karena bisa menyesuaikan dengan tampilan website. Mulai dari jenis font, warna font, hingga bentuk iklannya.

AdNow juga bisa menyesuaikan ukuran iklan tergantung perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses blog. Jadi, apabila iklan terlihat besar di komputer, tampilan iklan di smartphone akan tetap kecil. 

AdNow ini mencoba untuk menggabungkan iklan dengan konten blog atau website sehingga bisa meningkatkan engagement pengunjung. Maka dari itu, sangat cocok dipasang sebagai alternatif AdSense apabila Anda ingin meningkatkan engagement pengunjung.

Pengajuan AdNow juga tak membutuhkan banyak syarat, kok. Anda hanya perlu memastikan bahwa blog Anda tak melanggar hak cipta atau terdapat aktivitas ilegal di dalamnya. Misal, spam, adware, malware ataupun konten dewasa. Tak ribet, bukan?

Jika Anda tertarik memasang AdNow, kami sudah menuliskan panduan lengkapnya di artikel → Hasilkan Uang di Blog dengan AdNow Native Ads

Fitur unggulan:

  • Lebih dari 1.700 pengiklan terdaftar. Jumlah ini masih terus meningkat, sehingga menunjukkan bahwa AdNow bisa dipercaya.
  • Proses pengajuan yang cepat dan mudah. Cukup pastikan bahwa blog tak melanggar hak cipta atau terdapat aktivitas ilegal.
  • Bisa dijalankan dengan program iklan lain. Sehingga Anda bisa memasang AdNow bersama Google AdSense atau dengan alternatif AdSense lainnya.

Kekurangan:

  • Tidak bisa filter iklan.
  • Pembayaran kadang telat.

2. MediaNet

Bisa dikatakan bahwa MediaNet ini merupakan kompetitor terbesar dari Google AdSense. Sebab, MediaNet dijalankan oleh Bing dan Yahoo yang juga merupakan kompetitor Google di sektor mesin pencari. 

Namun, bukan hanya itu saja yang membuat MediaNet pesaing terbesar dari Google AdSense. MediaNet ini juga memiliki teknologi periklanan yang canggih. Sebut saja native ads, pencarian, tampilan video, dan masih banyak lainnya. 

MediaNet juga memiliki tim customer support yang sangat tanggap. Mereka siap menyelesaikan berbagai masalah Anda dengan cepat dan mudah untuk diikuti. 

Memasang MediaNet di blog Anda juga tak sulit. Anda hanya perlu memasukkan kode pendek dan iklan sudah otomatis tampil. Oh ya, iklan yang ditampilkan juga akan sesuai dengan konten dari blog Anda.

Jadi tenang saja. Apabila blog Anda membahas mengenai kucing, para pengunjung juga akan mendapatkan iklan yang berhubungan dengan kucing. Bukannya iklan mengenai ikan paus, misalnya. Kesesuaian iklan ini juga membuat pengunjung merasa tidak di spam oleh iklan-iklan yang tak relevan.

Fitur unggulan:

  • Dijamin terpercaya. MediaNet dijalankan oleh dua perusahaan raksasa, Bing dan Yahoo. Sehingga dijamin terpercaya.
  • Customer support yang sangat tanggap. Mereka siap menyelesaikan berbagai masalah Anda dengan cepat.
  • Iklan yang relevan dengan blog. Tak perlu takut pengunjung blog Anda di spam oleh iklan-iklan tak jelas yang tak berhubungan.

Kekurangan:

  • Pengunjung perlu mengklik iklan dua kali agar Anda mendapatkan pemasukan.
  • Trafik kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada.

3. Propeller Ads

Dalam delapan tahun eksistensinya, Propeller Ads telah berhasil mengumpulkan lebih dari 150.000 publisher yang tersebar di 195 negara di dunia. Prestasi yang tak bisa dianggap remeh untuk penyedia iklan selain AdSense.

Propeller Ads ini juga memiliki sistem yang bisa menerobos AdBlock. Sehingga, Anda tak perlu resah apabila pengunjung menggunakan AdBlock supaya tak melihat iklan yang dipasang.

Propeller Ads ini sudah memiliki sistem untuk filter iklan. Pengunjung hanya akan melihat iklan yang relevan. Anda bisa pastikan kalau iklan yang tampil tidak mengandung virus. 

Namun, apabila ada iklan spam yang berhasil lolos, tak perlu panik karena Anda bisa melaporkannya ke customer support 24 jam Propeller Ads. Customer support Propeller Ads akan segera menghapus iklan spam tersebut dari website Anda kemudian menggantinya dengan iklan yang lebih aman dan relevan.

Mengajukan Propeller Ads juga tak sulit. Anda tinggal mendaftar dan tunggu saja kabar penerimaan dari mereka. Setelah diterima, Anda bisa memasukkan kode Propeller Ads ke halaman apapun di blog.

Jenis iklan dari Propeller Ads ini juga bermacam-macam. Mulai dari push notifications, iklan on-click, widgets, dan masih banyak lainnya. Banyaknya variasi iklan sangatlah membantu., Karena, Anda bisa bereksperimen dengan memasang berbagai jenis iklan. Lalu, dari situ, Anda bisa tahu mana yang paling sering di klik oleh pengunjung.

Fitur unggulan:

  • Minimal pencairan dana 5$. Jauh lebih menguntungkan dibandingkan minimal pencairan Google AdSense, yaitu  $100.
  • Jenis iklan bervariasi. Mulai dari push notifications, iklan on-click, widgets, dan lainnya.
  • Sistem filter iklan. Semua iklan yang tampil dipastikan bukan spam dan tidak mengandung virus.

Kekurangan:

  • Iklan dengan performa terbaik adalah iklan pop-under dan full-page. Padahal, jenis iklan ini memberikan pengalaman yang menyebalkan bagi pengunjung.
  • Pendapatan yang kecil dari website yang tidak menggunakan bahasa Inggris.

4. Infolinks

Infolinks memiliki 100.000 pengguna yang tersebar ke 128 negara. Infolink juga bekerja sama dengan beberapa brand terkenal dunia, seperti Nike, Netflix, Amazon, hingga Facebook.

Di Infolinks, ada beragam tipe iklan yang bisa Anda pilih, yaitu InFold, InText, InArticle, dan In-Tag. Apapun tipe ikan yang Anda pilih tidak akan merusak tampilan blog, kok. Sebab, iklan Infolink menyatu dengan sempurna dengan konten Anda.

Jenis iklan yang ditampilkan kepada pengunjung juga bisa berbeda-beda karena Infolink memilih AI yang cukup canggih. Sehingga, iklan yang tampil terjamin tetap relevan untuk masing-masing pengunjung.

Memasang Infolinks ke blog Anda juga simpel. Setelah pengajuan diterima, Anda akan mendapatkan JavaScript unik yang bisa ditambahkan ke HTML blog Anda. Namun perlu diperhatikan, apabila Anda menggunakan Google Analytics, pastikan untuk memasukkan script Infolinks tepat sebelum kode Google Analytics, ya.

Fitur unggulan:

  • AI canggih. Iklan yang ditampilkan tetap relevan pada masing-masing pengunjung.
  • Iklan menyatu dengan konten sehingga Anda tak perlu mengubah tampilan blog.

Kekurangan:

  • Pendapatan tak setinggi Google AdSense.
  • Pendapatan lebih kecil untuk website di negara Asia, dibandingkan dengan di Eropa dan Amerika.

5. RevContent

RevContent merupakan salah satu alternatif Google AdSense yang memiliki iklan dengan kualitas tinggi. Mereka berani menjamin bahwa iklan mereka bisa membuat engagement naik. Sebab, RevContent memiliki teknologi canggih dan kerja sama RevContent dengan brand-brand terkenal dunia.

Oleh karena itu, untuk bergabung dengan mereka itu cukup sulit. Salah satu syaratnya saja mewajibkan blog Anda harus memiliki 50.000 kunjungan per bulannya. Dengan kata lain,RevContent ini tak cocok untuk blog kecil.

Namun, jika Anda berhasil lolos, terdapat berbagai fitur unggulan yang tak ada di alternatif Google AdSense lain. Salah satunya, manajemen akun pribadi yang bisa membantu mengoptimasi iklan agar monetisasi blog Anda bisa lebih maksimal.

Oh ya, tampilan iklan dari RevContent itu sulit dibedakan dengan konten blog Anda, lho. Sebab, iklan RevContent itu memiliki tampilan layaknya “rekomendasi artikel selanjutnya”. Dengan tampilan seperti ini, pengunjung pun tak tahu kalau itu sebenarnya adalah iklan tersembunyi.

Fitur unggulan:

  • Iklan kualitas tinggi karena teknologi yang canggih dan kerja sama dengan brand-brand besar dunia.
  • Manajemen akun pribadi sehingga bisa membantu mengoptimalkan pendapatan Anda.
  • Tampilan iklan yang sulit dibedakan dengan konten. Hal ini membuat iklan RevContent tak mengganggu tampilan dan kenyamanan pengunjung.

Kekurangan:

  • Blog harus memiliki trafik tinggi untuk bisa bergabung.
  • Syarat-syarat pengajuan yang cukup ribet.

6. Adsterra

Adsterra merupakan alternatif AdSense terbaik dalam hal iklan pop-under. Namun, Adsterra juga menawarkan jenis iklan lain, seperti iklan video, push notifications, banner, dan masih banyak lainnya. Iklan-iklan tersebut bisa berjalan dengan lancar, baik di desktop ataupun dari mobile.

Semua jenis iklan di Adsterra dilindungi oleh sistem pihak ketiga yang canggih. Mereka bisa melindungi pengunjung dari malware atau iklan yang tak pantas. Namun, apabila tetap ada malware yang lolos atau masalah lain yang penting, Anda bisa menghubungi Adsterra lewat Skype untuk penyelesaian cepat.

Fitur unggulan:

  • Alternatif terbaik untuk iklan pop-under.
  • Perlindungan pihak ketiga yang canggih. Pengunjung terbebas dari malware atau iklan yang tak pantas.
  • Bantuan lewat Skype untuk penyelesaian cepat.

Kekurangan:

  • Minimal pencairan dana $100.
  • Tak cocok untuk blog trafik kecil karena tingginya pencairan dana.

7. PopAds

Mirip seperti Adsterra, PopAds juga alternatif AdSense terbaik dalam hal iklan pop-under. Selain itu, PopAds juga menyediakan iklan dalam bentuk pop-up, tab up, tap under, dan masih banyak lainnya. Tak kalah menarik, di PopAds, Anda juga bisa mengatur frekuensi kemunculan iklan agar pengunjung tak bosan melihat iklan terus.

Oh ya, satu kelebihan lain dari PopAds ini adalah Anda bisa mencairkan bayaran setiap harinya. Asalkan, Anda berhasil mendapatkan lebih dari $5 setiap harinya. Untungnya, PopAds memiliki jaringan iklan yang bisa menjangkau pengunjung di lebih dari 50 negara. Jadi, Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic dengan mudah.

Fitur unggulan:

  • Spesialisasi dalam jenis iklan pop-under.
  • Menjangkau pengunjung di lebih dari 50 negara.
  • Bayaran tiap hari, asalkan Anda mendapatkan lebih dari $5 setiap harinya.

Kekurangan:

  • Pengunjung umumnya kurang suka dengan iklan pop-under. 
  • Iklan tidak relevan dengan konten di website.

8. Evadav

Evadav merupakan pemain baru dalam platform penyedia iklan. Tapi, hal tersebut tak menghalangi Evadav masuk ke daftar alternatif AdSense terbaik. Sebab, iklan push notification dari Evadav merupakan salah satu yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Kenapa?

Karena Anda akan terus mendapatkan uang selama pengunjung —yang sudah setuju menerima push notifications— berinteraksi dengan iklan dari Evadav. Dengan kata lain, apabila pengunjung mengklik, membuka, atau bahkan menutup iklan, Anda akan mendapatkan pemasukan.

Selain itu, Evadav juga menjamin bahwa segala jenis iklan yang mereka tampilkan itu aman karena sudah diseleksi sebelumnya.

Fitur unggulan:

  • Iklan push notifications Evadav salah satu yang terbaik.
  • Iklan yang sudah diseleksi sehingga aman dan berkualitas.

Kekurangan:

  • Tidak diberitahu iklan mana yang mempunyai performa buruk.
  • Masih baru sehingga belum banyak variasi iklan.

9. RevenueHits

Didirikan pada tahun 2008 silam, RevenueHits perlahan meraih reputasi sebagai salah satu alternatif AdSense terbaik. Ini semua karena sistem canggih nan pintar RevenueHits yang bisa mempelajari iklan di blog Anda.

Sistem tersebut menganalisa dan membandingkan jenis iklan RevenueHits dengan konten blog Anda. Kemudian, sistem bisa memilih jenis iklan apa yang optimal untuk dijalankan di blog Anda. 

Jadi, jenis iklan yang Anda dapatkan juga akan berbeda-beda tergantung isi konten blog. Mulai dari popup, banner, widgets, dan lain sebagainya. Canggih sekali, bukan?

Fitur unggulan:

  • Sistem analisa iklan yang canggih sehingga bisa menentukan jenis iklan apa yang sesuai dengan blog Anda.
  • Pencairan dana mulai dari $20.

Kekurangan:

  • User interface yang ketinggalan zaman.
  • Dashboard yang membingungkan untuk pengguna baru.

10. ylliX

ylliX merupakan alternatif Google AdSense yang menawarkan sistem pendaftaran yang muda. Selain itu alternatif AdSense satu ini juga memiliki kebijakan pencairan dana sangat rendah, yakni $1 saja per harinya. Sangat jauh dari Google AdSense yang minimal pencairannya adalah $100.

Proses pengajuan juga mudah dan cepat. Anda tinggal mendaftar dan akun akan langsung diaktivasi setelah pendaftaran selesai. Anda tak perlu menunggu berhari-hari dan was-was apabila pengajuan tak diterima.

Jenis iklan yang ditawarkan oleh ylliX juga bermacam-macam. Mulai dari iklan popunder, iklan layer, iklan full page, dan masih banyak lainnya. Semua jenis iklan yang disediakan ylliX ini juga mendukung perangkat desktop dan mobile.

Fitur unggulan:

  • Minimum pencairan 1$. Sangat rendah dibandingkan Google AdSense dengan minimum $100.
  • Pengajuan mudah dan cepat. Anda selesai mendaftar dan akun langsung aktif.
  • Variasi jenis iklan yang ditawarkan. Mulai dari iklan popunder, iklan layer, iklan full page, dan masih banyak lainnya.

Kekurangan:

  • Walaupun minimum pencairan $1, tapi sulit untuk mencapainya karena rendahnya rate ylliX.
  • Iklan yang tidak user friendly.

11. Bidvertiser

Lagi-lagi inilah alternatif Google AdSense dengan proses pengajuan yang tak menyusahkan. Anda bisa langsung diterima Bidvertiser asalkan blog tidak melanggar ketentuan umum. Seperti, berisi konten spam, konten dewasa, atau penipuan.

Dengan Bidvertiser, Anda bisa menarget iklan berdasarkan kata kunci ataupun dari lokasi pengunjung. Tapi sayangnya, iklan yang ditampilkan di blog Anda belum tentu relevan dengan konten di blog.

Namun, Anda jangan langsung mengurungkan niat menggunakan Bidvertiser begitu saja. Sebab, walaupun iklan tak relevan, tapi iklan tersebut adalah iklan-iklan berkualitas dengan performa tinggi yang dimiliki Bidvertiser. Jadi, kemungkinan iklan untuk di klik oleh pengunjung blog tetaplah tinggi.

Selain itu, iklan-iklan tersebut juga selalu diawasi 24 jam oleh Bidvertiser. Sehingga walaupun tak relevan, iklan tersebut tetap bersih dan terbebas dari virus.

Fitur unggulan:

  • Pengajuan mudah dan cepat.
  • Iklan berkualitas dengan performa tinggi.
  • Iklan diawasi 24 jam sehingga terjamin bebas dari virus.

Kekurangan:

  • Iklan tidak relevan.
  • Tampilan laporan performa yang tidak memberikan data dari impression dan CTR.

12. PopCash

PopCash menawarkan sistem iklan yang berbeda dengan penyedia iklan selain AdSense pada umumnya. Mereka membatasi kemunculan iklan di blog Anda. Setiap pengunjung hanya akan melihat satu iklan saja setiap 24 jam.

Memang hal tersebut bisa membatasi pemasukan Anda. Namun, sistem itu bisa memberikan user experience yang lebih baik. Sebab, pengunjung tak melulu disodorkan iklan setiap waktunya.

PopCash juga memberikan minimum pencairan dana rendah. Anda cukup mendapatkan $10 dan uang tersebut sudah bisa dicairkan lewat PayPal. 

Fitur unggulan:

  • Iklan tak melulu tampil, sehingga menjaga user experience.
  • Minimum pencairan $10.

Kekurangan:

  • Kemunculan iklan yang dibatasi sehingga pemasukan juga akan terbatas.
  • Iklan jenis “pop” seringnya menyebalkan bagi pengunjung.

OIO Publisher ini adalah alternatif Google AdSense yang berbeda dari alternatif AdSense lain di artikel ini. Kenapa demikian? Ada dua alasan. Pertama, Anda harus mengeluarkan uang untuk mendaftar. Lalu kedua, Anda harus turun tangan sendiri untuk mencari advertiser.

Memang sedikit merepotkan. Namun, apabila dibandingkan dengan alternatif AdSense lainnya, OIO Publisher ini bisa menghasilkan pendapatan paling besar, lho. Sebab, Anda berhak menyimpan 100% uang dari hasil iklan tersebut.

Pemasangan OIO Publisher ini juga mudah. Karena selain menawarkan script PHP, OIO Publisher juga menyediakan plugin untuk WordPress.

Fitur unggulan:

  • Berhak menyimpan 100% penghasilan.
  • Pemasangan mudah dengan tersedia plugin WordPress.

Kekurangan:

  • Perlu mengeluarkan uang untuk mendaftar.
  • Harus turun tangan sendiri mencari advertiser.

Post a Comment for "11+ Alternatif Google AdSense untuk Blog Anda di 2020"